• Apresiasi Indonesian CultureBangga sebagai Anak Indonesia
  • Enjoy LearningPembelajaran yang Menyenangkan
  • Guru TerbaikGuru yang Hangat & Menginspirasi
  • EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Kelas TK A

belajar itu menyenangkan

Belajar banyak hal dari air

Selalu ada banyak cara untuk belajar.... dan sekolah alam selalu mampu memfasilitasi cara belajar anak yang satu sama lain tidak sama. Ada yang cepat dalam belajar membaca, ada yang lebih suka menggambar, ada yang lebih suka lari-lari, ada yang suka berhitung dan lain sebagainya. Dengan pembelajaran yang ringan dan cara yang menyenangkan, anak akan lebih cepat belajar.

Berawal dari tema air yang akan dipelajari, anak-anak sangat senang membayangkan akan belajar, bermain dan melakukan banyak hal dengan air. Pada awal pembelajaran, guru membawa pewarna dengan bermacam-macam warna, plastik, dan air. Melihat apa yang dibawa oleh guru, rona gembira anak-anak muncul seketika, apalagi setelah mendengar penjelasan dari guru. Agar nyaman dan kelas tetap bersih maka pembelajaran berpindah tempat dari kelas menuju saung, anak-anak dengan cepat membentuk kelompok putra dan kelompok putri dan masing-masing telah membawa perlengkapan .

Air dituang, dicampur dengan pewarna, apa yang terjadi, kegembiraan terlukis ketika anak-anak melihat serta merta air yang mereka tuang telah berubah warna, dari bening menjadi merah, hijau, kuning, ungu, dan biru.

MEREKA BELAJAR LARUTAN. Segera mereka mengisi plastik-plastik yang telah dibawanya dengan air warna tersebut dan guru bertugas mengikat.

MEREKA BELAJAR MENAKAR. Dikelompokkannya plastik-plastik air dengan warna senada dan dihitungnya.

MEREKA BELAJAR MATEMATIKA. Kadangkala ada yang terinjak kakinya saat menuang air dalam plastik, tersiram pewarna, tapi apa yang terjadi ?

MEREKA BELAJAR MAAF dan MEMAAFKAN. Ada yang berebut gayung, berebut memilih warna dan MEREKA BELAJAR BEKERJA SAMA. Riuh rendah suara mereka dengan keceriaan, saling mengatur satu sama lain dan MEREKA BELAJAR MEMIMPIN juga BELAJAR MENGELUARKAN PENDAPAT.

Setelah selesai dibawalah hasil kerja mereka menuju kelas. Di kelas telah menunggu sebuah ranting yang cukup kokoh sebagai tempat gantungan plasti-plastik warna tersebut. Jadilah pohon warna-warni, cukup gemerlap dengan bermacam-macam warna dan menggoda mata untuk terus menatap. Anak-anak terlihat puas dengan hasil kerjanya, sambil istirahat dan makan bekal , mereka bercerita, bercanda. 

Session kedua, guru menyiapkan kertas dengan tulisan berwarna senada dengan warna-warna plastik seperti merah, kuning, biru, ungu, hijau. Kertas dilipat, dibagi sejumlah anak-anak. Mereka membuka kertas dan menebak, pada plastik manakah mereka harus menempelkan kertas bertulis tersebut. Dan satuuu, duaaa, tigaaa....mereka berlomba menempelkan kertas bertulis merah, kuning, biru, ungu, hijau tersebut pada plastik yang berwarna sama. Dan MEREKA BELAJAR MEMBACA.  

Blog Sekolah

Peta Lokasi Sekolah

You are here: Home PG-TK Artikel KBM Kelas TK A belajar itu menyenangkan