• Apresiasi Indonesian CultureBangga sebagai Anak Indonesia
  • Enjoy LearningPembelajaran yang Menyenangkan
  • Guru TerbaikGuru yang Hangat & Menginspirasi
  • EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Kelas TK A

Report Kegiatan Tema Serangga TK A

Pada awal semester genap ini, TK A mempelajari tentang serangga. Tema ini merupakan salah satu tema favorit bagi anak- anak, terutama pada pelaksanaan awal tema dimana anak- anak turun langsung ke lapangan mencari berbagai macam serangga, dan yang paling favorit adalah menangkap belalang.Pada aktivitas pembelajaran ini anak- anak diarahkan untuk dapat membedakan mana hewan yang serangga dan mana yang bukan. Subhanallah anak-anak dapat mengetahui mana yang termasuk hewan serangga dan bukan dengan melihat ciri-ciri khususnya yaitu antara lain berkaki enam, sehingga akhirnya merekapun tahu bahwa laba-laba bukanlah serangga.

Pada tema ini, anak-anak membuat berbagai macam bentuk serangga, menggunakan berbagai media seperti plastic bekas menjadi kupu- kupu yang cantik, palstisin dan batang korek api menjadi semut, botol bekas menjadi capung, dan membuat ulat dengan kertas kokoru.

Lebah si serangga yang bermanfaat bagi manusia memberikan banyak hikmah bagi anak- anak. Ia adalah hewan yang suka bekerja keras. Anak- anak diperlihatkan tayangan bagaimana lebah menghisap nectar dari bunga- bunga yang kemudian menjadi madu yang sangat bermanfaat bagi manusia, kemudian anak- anak langsung menikmati manfaat madu dengan cara mengoleskan pada roti yang dilakukan dengan antusias dan dimakan dengan lahapnya.

Masih mengenai lebah, anak- anak mengadakan permainan “Smiling Bee”, yaitu bagaimana cara lebah untuk mengenali anggota kelompokknya dengn cara mengenali baunya. Cara permainan ini adalah anak- anak ditempeli dngan kertas yang kemudian direkatkan ke badannya masing- masinlah minyak wangi, dimana dari keseluruhan kertas tersebut memiliki dua macam bau yang berbeda. Anak- anak kemudian harus mencari teman yang memiliki bau yang sama dan membuat kelompok berdasarkan macam baunya. Antusiasme anak- anak terlihat jelas, acara “membaui” teman- temannya berlangsung dengan ramai dan gembira, apalagi ketika sudah berhasil menemukan kelompoknya.

Pada sub tema manfaat serangga, anak- anak dikenalkan serangga- serangga yang bermanfaat dan merugikan manusia. Lalat dan nyamuk adalah salah satu serangga yang merugikan manusia, anak-anak diajarkan untuk menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat, dan tidak jajan sembarangan. Begitupula dengan nyamuk yang suka di tempat air yang menggenang dan berkumpul di baju- baju yang digantung di rumah, Alhamdulillah respon anak- anak sangat baik, bahkan sesampainya dirumah mereka langsung mengingatkan orangtuanya untuk tidak menggantung baju lagi karena menjadi sarang nyamuk.

Makan serangga, adalah moment yang cukup menggelikan dan seru pada tema ini. Anaka-nak dikenalkan kalau serangga jenis tertentu seperti belalang kayu bisa juga dikonsumsi dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dan saat- saat mencicipi dengan mau-mau tapi takut menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan…..(makan belalang seperti makan udang ya…….bahkan pada minta tambah …..

Jangkrik dan kroto (telur semut) dikenalkan kepada anak- anak sebagai serangga yang bermanfaat untuk makanan burung. Moment men cari dan memegang belalang dan kmudian memberikan ke ayam menarik uantuk anak- anak, apalagi ada yang dengan gagah berani dan” geli- geli takut mau” memegang jangkriknya menarik untuk anak.

Di akhir tema serangga ini, anak- anak diberi pengertian tentang pentingnya serangga dalam kehidupan ini, bagaimana serangga seperti kupu- kupu, capung kepik banyak terdapat pada tempat yang hijau, rindang dan banyak tanaman bunga, sehingga yuk kita mari sama-sama menjaga lingkungan kita supaya tetap hijau. UNTUKKU..UNTUKMU…UNTUK KITA SEMUA…………….

{jcomments on}

 

 

 

Blog Sekolah

Peta Lokasi Sekolah

You are here: Home PG-TK Artikel KBM Kelas TK A Report Kegiatan Tema Serangga TK A