• Apresiasi Indonesian CultureBangga sebagai Anak Indonesia
  • Enjoy LearningPembelajaran yang Menyenangkan
  • Guru TerbaikGuru yang Hangat & Menginspirasi
  • EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Prestasi & Publikasi

Green School Award 2011

SMP SAA Raih Green School Award 2011

 

 

 

 

 

 

GREEN  SCHOOL AWARD  2011

            Alhamdulillah atas dukungan dari seluruh guru, siswa, karyawan, Direktur, Yayasan, Koordinator Green Lab dan seluruh civitas akademik di SA Ar Ridho, SMP Alam Ar Ridho bisa dinobatkan sebagai juara 1 Green School Award 2011. Lomba ini diadakan kali pertama oleh UNNES sebagai Universitas Konservasi yang mempunyai visi misi konservasi dan menjaga lingkungan.

            Pagi itu Pak Nurqudus datang ke kantor SMP menyampaikan informasi tentang lomba Green School Award. Ada keinginan besar untuk mengikuti lomba tersebut, karena padatnya jadwal hari itu saya minta tolong teman-teman  guru SMP untuk membantu membuka web UNNES dan mengeprint juknis lombanya. Sontak, seusai saya mengajar qiroaty pak Arifin datang menyerahkan juknis lomba UNNES Green. Setelah saya baca ternyata muatan lombanya tidak jauh beda dengan program pembelajaran lingkungan dan konservasi yang ada di Sekolah Alam Ar Ridho. Ini membuat kami semakin mantap untuk mengikuti lomba.  Bismillahirrohmaanirrohiim.............

            Waktu yang tersedia untuk mengumpulkan data-data untuk mengisi parameter isian lomba cukup singkat, yaitu 5 hari, di tengah-tengah  kesibukan persiapan Open House Sekolah Alam dan Pameran Pendidikan di ADA Setiabudi. Alhamdulillah Allah memberi kemudahan, pada tanggal 15 Maret 2011, bertepatan dengan batas akhir pendaftaran, SMP Alam Ar Ridho bisa mengisi parameter isian lomba dan resmi terdaftar sebagai peserta lomba. Ternyata pendaftaran lomba diperpanjang sampai tanggal 19 Maret dengan pertimbangan masih banyak sekolah yang antusias untuk mengikuti lomba tsb.

            Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu sudah tiba, tepat pada tanggal 21 Maret 2011 saya lihat di web site UNNES SMP Alam Ar Ridho masuk nominasi 10 besar yang akan divisitasi  untuk mencocokkan parameter lomba yang sudah diisi dengan bukti yang ada di lapangan sekaligus administrasinya. Alhamdulillaah......

            Setelah melalui perjuangan panjang plus lembur akhirnya persiapan administrasi  dan checking bukti di lapanganpun selesai. Seluruh guru, siswa, dan karyawanpun sangat antusias membantu persiapan lomba dengan semangat untuk menang. Allahu Akbar !!!!

            Hari demi hari, jam demi jam, menit demi menit kita tunggu-tunggu kehadiran juri lomba, tetapi tidak datang-datang juga. Akhirnya pada hari Sabtu, 26 Maret 2011 jurinya datang juga. Cukup kaget juga karena tim yang dipersiapkan untuk menyambut juri sudah ada job masing-masing (Bu Salamah:mendampingi lomba di SMP 39, Pak Agus: persiapan Open House). Tetapi tak apalah, dengan semaksimal mungkin kita sambut juri dengan sebaik-baiknya. Akhirnya saya dan pak Agus saja yang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri. Alhamdulillah juri merasakan surprise dengan keberadaan Sekolah Alam, bahkan heran ko bisa ya...gurunya mengajarkan kreatifitas kepada murid-muridnya (keheranan juri saat melihat produk kreatifitas siswa SMP dari barang bekas). 

            Setelah 1,5 jam dan keliling di lokasi SMP akhirnya  Juri pamit undur diri. Di depan kumbung jamur tiram kelas 7 juri menyampaikan banyak hal berbeda yang ditemukan di Sekolah Alam, semoga bisa ditingkatkan.

            Dag, dig, dug, der masa menunggu pengumuman pemenang terasa cukup panjang, padahal hanya menunggu satu hari saja. Akhirnya hari Senin, tanggal 28 Maret 2011, menjelang isya diumumkan 6 finalis Green School Award UNNES 2011. Alhamdulillah nama SMP Alam Ar Ridho termasuk dalam deretan  5 finalis lainnya. Selanjutnya kita diundang untuk hadir dalam acara Dies Natalis UNNES ke 46 untuk pengumuman pemenang dan penyerahan tropi. Rasa penasaranpun terselip dalam hati, ingin mengetahui profil sekolah competitor kita. Saya sempatkan searching di internet tentang sekolah-sekolah competitor kita. Ternyata mereka hebat-hebat, ada yang sudah pernah mengantongi juara lingkungan 5 kali. Tetapi tetap positif  thinking, Ar Ridho The Best.  Allahu Akbar.

            Hari Rabu, 30 Maret 2011 Kepala SMP Alam Ar Ridho memenuhi undangan untuk hadir di acara Dies Natalis UNNES. Cukup terkejut juga saat mengambil posisi duduk di deretan finalis lomba, SMP Alam Ar Ridho diminta menduduki kursi nomor 1. Akhirnya terjawab juga saat Pengumuman Pemenang Lomba Green School Award UNNES 2011 dibacakan. Surprise...SMP Alam Ar Ridho Juara 1 Green School Award 2011 tingkat Propinsi Jawa Tengah. Alhamdulillah.....Semua ini adalah karunia dari ALLAH, kita harus lebih banyak bersyukur lagi setelah ini. Kemenangan ini adalah amanah ALLAH bagi kita. Amanah untuk lebih menjaga dan mengelola alam di sekitar kita., sesuai dengan visi misi Sekolah Alam yaitu menjadi khalifah fil ard yang mampu mengelola, dan menjaga alam semesta.   

 

Pemenang Green School Award tingkat SMP Se-Jawa Tengah:

Juara 1                                    : SMP Alam Ar Ridho Semarang

Juara 2                                    : SMP N 17 Semarang

Juara 3                                    : SMPN 2 Boyolali

Juara  Harapan 1        : SMPN 1 Susukan Banjarnegara

Juara Harapan 2         : SMPN 3 Batang

Juara Harapan 3         : SMPN 3 Lasem

           

 

Blog Sekolah

Peta Lokasi Sekolah

You are here: Home Berita Prestasi & Publikasi Green School Award 2011