• Apresiasi Indonesian CultureBangga sebagai Anak Indonesia
  • Enjoy LearningPembelajaran yang Menyenangkan
  • Guru TerbaikGuru yang Hangat & Menginspirasi
  • EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Tata Tertib

WAROENG ALAM (Kantin Sekolah)

    

 

      Hidup selaras bersama alam merupakan keniscayaan bagi warga sekolah alam.  Inilah mengapa Sekolah Alam Ar-Ridho bersemangat untuk mendirikan kantin sehat yang diberi nama “Waroeng Alam”. Launching atau peresmian Waoeng Alam Sekolah Alam A-Ridho dilaksanakan pada hari sabtu, 8 februari 2020. Acara ini dihadiri oleh para wali murid, guru dan karyawan serta tamu undangan yang memenuhi ruangan warung.

Acara ini dibuka pada pukul 08.00 wib dengan diawali sambutan dari bu Mia Inayati Rahmania.

Dalam sambutannya, bu Mia selaku direktur sekaligus pendiri Sekolah Alam Ar-Ridho menuturkan alasan mendirikan warung alam ada tiga :

  1. Makanan halal dan toyib, makanan yang bebas dari bahan kimia berbahaya dan diolah dengan baik.
  2. Zero waste,budaya minim sampah, terkait dengan prinsip sekolah alam, bahwa kita sebagai hamba Allah di bumi ini wajib menjaga kelestarian lingkungan.
  3. Adab sebagai sekolah yang berlandaskan nilai keislaman, maka kantin ini merupakan sarana para siswa untuk membudayakan adab makan sesuai sunnah.

     Selain ibu direktur yang memberi sambutan dan menjelaskan tujuan pendirian Waroeng Alam, bapak Daryata selaku tamu undangan dari dinas pendidikan juga mengapresiasi pendirian Waroeng Alam ini. Menurut beliau warung ini adalah sarana untuk mengajarkan kemandirian dan kedisiplinan kepada siswa.

       Acara puncak peresmian warung ini pun dimulai pada pukul 10.00 wib, yakni dengan simulasi alur makan. Dimulai dengan menukarkan uang dengan kepingan pengganti uang yang disebut Sewon, kemudian antri untuk membeli makanan, duduk ditempat yang sudah disediakan, dan yang terakhir mencuci alat makan sendiri yang kemudian diletakkan di rak-rak piring yang sudah disediakan. Acara yang sudah ditunggu-tunggu para hadirin sejak pagi ini pun langsung disambut dengan antusias. Sekitar 3500 keping sewon ludes dalam hitungan menit.

       Para pengunjung menikmati beraneka menu yang disediakan di tiga kantin yang berbeda. Menu makanan dan minuman sangat bervariasi; diantaranya ada aneka jus buah, sate buah, baso, ayam geprek, pecel dan aneka jajanan sehat lainnya.

       Respon para orang tua yang datang sangat positif. Mereka bersyukur sekolah sudah memfasilitasi kebutuhan asupan halalan thoyiban bagi putra putri mereka sehingga tidak ada khawatir anak akan mengkonsumsi makanan yang tidak higienis.

-Aniq

Klip Selayang Pandang Sekolah

Blog Sekolah

Peta Lokasi Sekolah

You are here: Home About Us Sarana & Fasilitas WAROENG ALAM (Kantin Sekolah)