• EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Selayang Pandang

Selayang Pandang SMP

smp di aksi hari bumi

Keberhasilan dunia pendidikan dalam mendidik siswa sangat berpengaruh kepada karakter suatu bangsa, karena pendidikan yang sukses adalah yang berhasil menanamkan karakter nilai-nilai kebaikan kepada siswa. Dan outputnya siswa mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebaikan tersebut di dalam kehidupannya.

Menurut survey yang dilakukan oleh PERC (Politic and Economic Risk Consultancy) berkedudukan di Hongkong, peringkat Indonesia dalam skor korupsi adalah tertinggi di Asia dengan nilai skor 9.92 (dari total skor 10). Indonesia menempati posisi tertinggi di dalam kasus korupsi.

Ini mengindikasikan bahwa pendidikan yang dilakukan selama ini belum berhasil dalam menanamkan karakter nilai-nilai kebaikan kepada siswa. Bertolak dari hal ini SMP Alam Ar-Ridho datang untuk memberikan warna baru dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Pembelajaran di SMP Alam Ar Ridho tidak hanya di seputar akademis saja, tetapi juga mengintegrasikannya nilai ilmu dengan nilai keimanan dan mengajak siswa berpikir tentang bagaimana cara membangun peradaban. Sehingga siswa terbiasa tidak hanya fokus pada dirinya sendiri tetapi juga bagimana dirinya bermanfaat dan memberi kemanfaatan bagi lingkungannya, masyarakat dan negara.

Dengan kurikulum khasnya SMP Alam Ar-Ridho berusaha mendidik karakter siswa untuk menjadi generasi yang tangguh, kuat iman dan taqwanya. Kurikulum khas SMP Alam Ar-Ridho mengacu ke 4 hal, yaitu:

  1. Pembentukan Aqidah, Ibadah, dan Akhlak
  2. Pembentukan jiwa enterpreunership/kewirausahaan
  3. Pembentukan jiwa leadership/kepemimpinan
  4. Pembiasaan berbudaya ilmiah


Peta Konsep Pembelajaran di SMP Alam Ar-Ridho

konsep belajar smp

Pembentukan Aqidah, Ibadah, dan Akhlak Islam

Pembentukan aqidah, ibadah dan akhlak adalah sebagai core utama, karena apabila aqidah, ibadah, akhlak siswa sudah mantap maka secara otomatis yang lainnya akan mengikuti. Sarana untuk membentuk aqidah, Ibadah, dan akhlak islam adalah dengan:

1. Kegiatan mengasah ruhiyah di pagi hari

Rangkaian kegiatan di pagi hari adalah siswa masuk kelas sudah dalam keadaan berwudhu, kemudian doa bersama, qiroaty dan tahfidz. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa bisa mengikuti aktivitas pembelajaran selanjutnya dengan ruhiyah yang bersih.

2. Class Closing

Kegiatan penutupan kelas bersama wali kelas berupa kultum atau shering terkait inspirasi atau pengalaman belajar yang diperoleh selama dalam pembelajaran hari itu.

3. Mentoring
4. Mabit


Pembentukan Jiwa Enterpreunership/Kewirausahaan

Dari 10 pintu rizki, 9 adalah milik pengusaha/pebisnis. Disamping itu teladan ummat Islam Rasulullah SAW telah mengajarkan berdagang sejak umur 8 tahun. Hal inilah yang menginspirasi SMP Alam Ar-Ridho untuk mulai mengembangkan kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis bisnis tanpa harus mengesampingkan kecerdasan majemuk anak. Tiga basic bisnis yang kita kenalkan melalui pembelajaran dan praktek langsung yaitu Bioteknologi, ICT (Information, Comunication and Technologi), dan Retail.

Dengan pembelajaran bisnis ini diharapkan mampu memberikan pengalaman dan bekal hidup kepada siswa, melatih tanggung jawab, percaya diri, serta mampu menumbuhkan jiwa berbisnis siswa sejak dini.

Pembentukan Jiwa Leadership/Kepemimpinan

Open mind
untuk pembentukan jiwa leadership adalah dengan out bound, tetapi secara praktis pembiasaan sikap leadership/ kepemimpinan adalah integral dengan pembelajaran bisnis. Karena dalam pembelajararan bisnis seorang siswa akan merasakan dan belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin dan yang dipimpin. Mereka juga akan belajar bertanggung jawab dan berani menanggung resiko terhadap kegiatan bisnisnya.

Pembiasaan berbudaya ilmiah

Pembiasaan budaya ilmiah dilakukan dengan mengintegrasikan kegiatan penelitian/observasi dengan kegiatan bisnis.


PROFIL SISWA SMP

1. Unggul pada setiap kecerdasan yang dicenderunginya.
2. Belajar tanpa diperintah
3. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru
4. Berfikir kritis dan kreatif
5. Menjaga kebersihan lingkungan
6. Menjaga,memelihara dan merawat lingkungan
7. Berperilaku sosial baik
8. Menyayangi dan berbakti kepada orangtua
9. Menghormati yang lebih tua dan mencintai yang lebih muda
10. Melaksanakan sholat wajib dengan kesadaran
11. Tartil membaca AlQur’an
12. Hafal 2 juz Alqur’an
13. Mengetahui 20 hadist pendek
14. Hafal 15 do’a harian

KEGIATAN UNGGULAN

1. Proyek Bisnis
2. Magang
3. Bisnis Day
4. Outbound
5. Kunjungan keluar sekolah/outing
6. PHBI/PHBN
7. Unjuk karya/pentas kreativitas
8. Pesantren kilat (Pesantren Weekend)
9. Kemah wisata/ Ar Ridho Camp
10. Pembiasaan sholat dhuha setiap hari
11. Berenang
12. Qiroaty
13. Tahfidzul Qur’an
14. Bahasa Arab
15. Observasi dan explorasi
16. Mentoring
17. Keputrian
18. Mabit
19. Fun Week
20. Save The Earth.

(dr / Susanti)

Blog Sekolah

Lokasi Sekolah

You are here: Home SMP Selayang Pandang