• EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Kelas 1

Nida dan Cloudy

"Mi..... umi..... cloudy mi?" Kata Nida kepada uminya. Umi berpikir tujuh keliling apa sih cloudy? (baca klaudi). Setelah berpikir ternyata yang dimaksud Cloudy itu adalah mendung. Umi tertawa dan bangga dengan putrinya, ternyata putrinya pandai berbahasa Inggris. Itulah kisah Nida dan Cloudynya. Nida adalah murid kelas 1B yang selalu membuat suasana kelas hidup, tidak ada Nida kelas jadi sepi.

 

Read more...

Persiapan Musim Tanam

Inilah kebun kami yang minimalis, tapi kami selalu berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimalis, he..he..maksudnya hasil yang maksimal.

Setelah kami memanen jagung dan kacang panjang serta menikmati hasilnya, maka kami pun semangat kembali untuk mempersiapkan musim tanam lagi, yakni dengan mengolah tanah kebun kami dengan cara di gemburkan lagi, dibolak-balik tanahnya menggunakan cetok, cangkul kecil, garpu tanah kecil. Sembari mengaduk tanah, kami pun membersihkan tanah dari serpihan-serpihan sampah plastik, sampah pecahan kaca, batuan kecil,dll. Setelah itu kami mencampur tanah dengan pupuk organik, kemudian kami siram air dengan menggunakan gembor mini jika malam harinya tidak hujan, dan lahan kami biarkan dulu selama beberapa hari, sambil menyiapkan benih/bibit yang akan kami tanam. Rencananya setelah kemarin kami menanam jagung dan kacang panjang, berikutnya kami akan menanam kangkung, sawi atau mungkin terung ungu.

Read more...

Panen Kacang Panjang

Di kebun kami yang cukup minimalis itu ditanami sistem tumpangsari, yaitu antara tanaman jagung dan tanaman kacang panjang. Seminggu 3 kali kami turun ke kebun untuk merawat tanaman tersebut dengan menggemburkan tanah, mencabut rumput, memberi pupuk organik, menyiangi daun yang kering, menyemprot daunnya dengan pestisida alami, dll. Untuk kegiatan menyiram kami lakukan setiap pagi sebelum mulai doa pagi di kelas, kecuali jika malamnya turun hujan deras, maka kami tidak melakukan penyiraman, karena dipastikan tanah kebun pastilah sudah basah sekali, karena jenis tanah kebun kami adalah tanah liat.

Read more...

Memoles Botol Bekas

Anak-anak Sekolah Alam sudah akrab dengan yang namanya barang bekas. Mereka bukanlah pemulung meski sering berinteraksi dengan barang bekas, namun yang dimaksud disini adalah akrab dengan memanfaatkan kembali barang bekas pakai.

Read more...

Blog Sekolah

Lokasi Sekolah

You are here: Home SD Artikel KBM Kelas 1