• EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Kelas TK A

Model Pembelajaran yang Menyenangkan

Satu bulan kemarin, pembelajaran murid-murid PG-TK Alam Ar-Ridho tentang kota tempat tinggalnya yaitu di kota Semarang. Pada pembelajaran tema "Semarang" PG-TK Alam Ar-Ridho, minggu pertama, ananda diajak untuk outing mengelilingi kota Semarang. Outing adalah media pembelajaran yang dilakukan oleh PG-TK Alam Ar-Ridho.

Start dari sekolah TK Alam Ar-Ridho di Bukit Kencana Jaya Tembalang, kami meluncur melewati jalan mangunharjo, dan ananda menyaksikan bukit yang menjulang coklat tanpa rimbunnya pepohonan karena efek dikeruk tanahnya untuk kepentingan pihak lain.

Ananda sekilas berceloteh, "bu guru, gunungnya gundul" . Itulah Semarang kita, ada sisi-sisi yang harus kita perhatikan.

Mobil angkot yang kita gunakan untuk outing meluncur ke arah pusat kota Semarang. Melalui Java Mall dan tercetuslah seruan anak-anak "bu guru, aku pernah ke sana" . Semua berceloteh pernah ke Java Mall. Seandainya perpustakaan seperti Java Mall, seandainya museum seperti java Mall, pasti anak-anak suka pergi ke sana.

Angkot meluncur melalui jalan Sriwijaya, ada Perpustakaan Daerah (kesempatan bagi kami, gurunya untuk memperkenalkan apa arti dari perpustakaan). 1 kilometer berikutnya terdapat taman yang rapi, dengan berjajar helm tentara, itulah Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal. Tak habis, celoteh anak-anak sembari melihat kanan-kiri, dan tak henti kami bercerita, merespon, semua celoteh ananda dan bercerita tempat-tempat penting atau tempat yang memiliki sejarah kota semarang.

Meluncur terus melewati RSUP Kariadi, dan kami berhenti di sebuah bangunan bernuansa merah dengan kepala naga pada pintu gerbang bangunan. Inilah Sam Poo Kong, tempat ibadah saudara kita non-muslim. Tanya jawab berkisar bentuk dan warna bangunan. Terus terang ananda lebih tertarik pada patung-patung yang terpampang pada bangunan dan nuansa warna yang mencolok pada bangunan. Ada pembelajaran toleransi di sana, ananda belajar tentang bangunan yang berbeda, tentang suasana yang berbeda di kota tempat tinggalnya.

Kembali kita meluncur dan sampailah kita di icon kota Semarang yaitu Tugu Muda dan Lawang Sewu. Sejenak berkunjung di Museum Diponegoro demi melihat tugu yang berdiri tegak di jantung kota Semarang yang dilatarbelakangi bangunan lama yang masih tampak megah, Lawang Sewu.

Setelah bercerita tentang sejarah Tugu Muda, Lawang sewu, kembali kami meluncur menuju kota lama.

Melalui jalan Imam bonjol, kami melewati Stasiun Poncol, Kantor Pos Besar, Stasiun Tawang dengan polder nya dan berakhir di taman Kota Lama di sisi kiri Gereja Blenduk. sejenak ananda rehat sambil menikmati teduhnya pepohonan rindang yang menaungi taman kecil di sisi Gereja Blenduk. Sekilas pada perjalanan melewati bangunan di kota Lama, ananda berceloteh, betapa jeleknya bangunan di kota lama. Kami bercerita tentang bangunan yang memiliki cerita, sungai berok yang mempunyai cerita, dan keharusan kita untuk menjaga bangunan tersebut agar tetap berdiri dan terawat dengan baik.

Outing kami berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah dengan menaranya yang bertingkat 19. Angin berhembus begitu kencangnya hingga mengibarkan jilbab ananda. Dari ketinggian, kami melihat mobil, motor bagai semut yang berjajar, berjalan begitu pelan. Kami melihat kota Semarang dengan berbagai landscape, berkelok-kelok sungai kecil dan jalan protocol, sawah yang masih terhampar, bukit-bukit, dan di kejauhan terlihat laut luas dengan kapal-kapal berlayar pelan.

Satu yang disuka sebagian anak-anak pada kegiatan outing tersebut yaitu berada di ketinggian 19 dan memandang lepas kota Semarang dengan geliatnya. (ira)

 

Blog Sekolah

Lokasi Sekolah

You are here: Home PG-TK Artikel KBM Kelas TK A Model Pembelajaran yang Menyenangkan