• EntrepreunershipMandiri, Berani, dan selalu berkarya
  • GardeningMenanam untuk bumi yang lebih hijau
  • PemimpinSetiap anak memiliki jiwa kepemimpinan
  • HijauMenjaga keseimbangan alam
  • PersahabatanBersama sahabat mempelajari seisi alam semesta
  • Scientific Process SkillBerbudaya Ilmiah dalam berfikir dan berperilaku
  • Save The Earth!Kampanye 3R : Reduce, Reuse, Recycle
  • The Best Place!Sekolah ramah anak
  • Satu KeluargaBersamamu melewati masa remaja
  • Kerja SamaDan tidaklah Allah menciptakanmu selain untuk saling tolong-menolong

Opini

Menimbang Kurikulum 2013


Hingga akhir Desember 2012 nanti, Kemendiknas menggelar uji publik terhadap Kurikulum 2013. Jika segalanya berjalan lancar, maka pada Juni 2013, kurikulum yang disebut sebagai penyempurnaan Kurikulum KTSP 2006 ini akan diberlakukan. Dalam berbagai kesempatan, Mendiknas, M. Nuh mengatakan bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum saintifik yang membentuk siswa menjadi analitik, suka mengamati, sigap bertanya, kritis, dan memiliki daya cipta. Kurikulum ini adalah jawaban dari banyak kritikan bahwa siswa Indonesia hanya pandai dalam menghafal pelajaran.

Sejarah pengembangan Kurikulum di Indonesia dimulai tahun 1947 yang bernama Rencana Pelajaran. Lalu Kurikulum Sekolah Dasar 1968, Kurikulum Sekolah Dasar 1978, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, dan terakhir yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.

Read more...

Peradaban & Pembangunan Karakter Khalifah


Oleh : Hj. Mia Inayati Rachmania

Direktur Sekolah Alam Ar-Ridho


Peradaban adalah sebuah karya (ibadah) manusia yang dilakukan secara komunal (bersuku-suku atau berbangsa), menghasilkan kesepakatan hidup bersama (kultur/adat istiadat), dan memberi rahmat bagi sekalian alam (cinta lingkungan & cinta damai).

Manusia yang beradab adalah manusia yang ikhlas beribadah kepada Sang pencipta, dapat hidup secara komunal, mampumembangun kultur bangsa yang cinta terhadap lingkungannya serta berdamai dengan sesama.

Peradaban dimulai sejak Allah Swt menciptakan manusia dan alam semesta.Dan tujuan penciptaan manusia oleh Allah disebutkan dalam Al Qur'an sebagai berikut : “Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “ Aku hendak menjadikan Khalifah di bumi.” Mereka berkata, “ Apakah engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana,….. (QS 2:30).

Bagaimana proses terjadinya peradaban?

Read more...

Pendidikan Berbasis Karakter Building

Karakter adalah bagian dari attitude yang baik, berbeda dengan ‘tabiat’ yang termasuk jenis attitude yang buruk. Karakter merupakan kumpulan dari tingkah laku baik dari seorang anak manusia. Tanpa karakter, seseorang akan kehilangan arah dalam bersosialisasi, berjalan tanpa rambu dan aturan.

Membangun karakter memang proses perbaikan diri yang tidak pernah usai, hanya orang-orang yang tahan bantinglah yang dapat mengamalkannya. Poin penting karakter ternyata bukanlah sesuatu yang diwariskan begitu saja, sifat-sifat dalam karakter-karakter di atas dapat diraih dengan proses praktek dan mendidik diri. “Janganlah resah akan apa yang dikatakan orang, tapi resahlah jika anda tidak punya karakter,”

Read more...

CINTA PERTAMA

Oleh: Andy Dwi Sakti

Staff Guru SMP Alam Arridho

Seperti angin menyepoi.. kau tak melihatnya, tapi merasakannya. Begitulah cinta, ia ditakdirkan menjadi kata tanpa benda. Seperti banjir menderas, kau tak kuasa mencegahnya dan hanya bisa ternganga saat ia menjamah seluruh permukaan bumi. Demikianlah cinta.

Cinta ditakdirkan menjadi makna paling santun yang menyimpan kekuatan besar. Tak terlihat, hanya terasa, Tapi dahsyat. Cinta seperti api yang menyala-nyala. Kau tak kuat melawannya. Hanya bisa menari saat ia mengunggun. Seperti itulah cinta..

Cinta adalah kata tanpa benda. Mutiara bagi ribuan makna. Wakil dari sebuah kekuatan tak terkira. Tapi ia jelas, sejelas mata hari. Cinta adalah lukisan abadi dalam kanvas kesadaran manusia. Lukisan. Bukan definisi. Ia disentuh sebagai sebuah situasi manusiawi.. Cinta merajut semua emosi manusia.. begitu agung tapi juga terlalu rumit.. begitulah cinta. Cinta adalah makna kebenaran dalam penciptaan.. Cinta tidak tumbuh dalam hati yang dipenuhi keangkuhan, angkara murka dan dendam...

Iman itu laut, cintalah ombaknya.. Iman itu api, cintalah panasnya.. Iman itu angin, cintalah badainya.. Cinta itu memanusiakan manusia dan mendorong kita memperlakukan manusia dengan etika kemanusiaan.. Cinta adalah kegilaan jiwa. Saat ia merasuki jiwa, energimu jadi berlipat, mendidih bak kawah yang siap meledak dan membakar sekelilingnya. Cinta adalah kekuatan perubahan yang dahsyat. Selalu berusaha memahami dan menghidupkan. Membuat manusia lebih peka dan saling menghargai. Tidak seperti kekerasan, cinta justru butuh kesabaran dan usaha dari dalam. Lebih dari sekedar kekuatan fisik.

Read more...

”Saya tidak mau 'lulus', Mama…”

Saya adalah seorang guru SMA. Suatu ketika saya bertanya pada murid-murid saya, “Apakah mereka senang , nyaman dan betah di sekolah?” Jawaban mereka seperti yang saya duga. Mereka merasa cape, bosan, jenuh, setengah hari di sekolah dari pagi sampai siang dengan kegiatan yang sama setiap hari ; duduk, mendengarkan, tugas, PR, ulangan,…Mereka 'tertekan'…Saya flasback dengan ketika saya jadi murid, sama ,tidak berbeda, padahal saya sudah 41 tahun. Artinya ?/Tidak ada kemajuan. Makanya kita selalu ketinggalan dengan negara lain.

Sadar dengan kondisi ini, saya berdoa Ya Allah tunjukkan sekolah yang nyaman untuk anak-anak saya. Alhamdulillah sungguh suatu nikmat yang amat besar ketika akhirnya Allah menuntun langkah anak saya, Fesa, menuju Sekolah Alam Ar Ridho.

Sekolah ini sungguh berbeda dengan sekolah-sekolah lain, sekolah ini sungguh 'luar biasa'. Takkan pernah habis kata-kata untuk membicakan sekolah ini, takkan pernah cukup goresan tinta untuk menuliskannya karena setiap hari cerita selalu berganti di sekolah ini.

Read more...

Blog Sekolah

Lokasi Sekolah

You are here: Home Kolom Opini